Energy Builder: Practice 5

Practice 5 merupakan praktek terakhir dari Energy Builder Series by Brendon Burchard. Praktek ke-5 ini tidak jauh berbeda dengan postingan saya sebelumnya Membangun Kebiasaan Menuju Sukses, dimana kita disarankan untuk membentuk sebuah trigger (pemicu) untuk membiasakan diri membangun kebiasaan baik.

close up photo ofg light bulb

Photo by Rahul on Pexels.com

Terkait dengan regenerasi energi, teknik kelima yang diberikan oleh Brendon adalah:

Set Energy Trigger

Tidak jauh berbeda dengan habit trigger, disini Brendon juga menyarakankan untuk membentuk sebuah trigger baik itu visual, audio, maupun hanya berupa perasaan. Yang lebih penting lagi, tentukan trigger yang spesifik untuk teknik yang spesifik juga. Saya sendiri sering membuat sebuah trigger perasaan. Setiap kali saya panik, saya perintahkan diri saya untuk menutup mata dan menarik nafas panjang 2-3 kali. Setiap kali saya berolahraga dan merasa capek, saya selalu katakan pada diri saya “Kamu lebih kuat dari yang kamu pikirkan”. Dua teknik ini bekerja baik untuk saya dalam meregenasi energi yang hampir habis.

Terkait produktivitas dalam bekerja dan berkarya, Brendon menekankan bahwa ada dua trigger yang sangat penting: Doorway Trigger  dan Waiting Trigger. Kenapa dua trigger ini penting? Karena setiap hari kita tentu melewati pintu, puluhan pintu, bahkan mungkin ada yang melewati ratusan pintu setiap harinya. Pintu rumah, pintu kamar, toilet rumah, toilet kantor, toilet mall, pintu kereta, pintu bus, pintu restoran, dll. Setiap hari juga kita selalu menunggu, menunggu ketika mengantri makanan, mengantri toilet, menunggu macet, dll.

Doorway Trigger

Doorway trigger adalah trigger visual berupa pintu. Setiap kali melewati pintu tertentu, lakukan satu hal yang bisa meregenerasi energimu. Misalnya pintu toilet. Setiap kali masuk toilet, release tension! Jadi setiap kali masuk toilet, kamu melepaskan semua ketegangan yang membebani tubuh dan pikiran. Begitu keluar toilet, kamu sudah rileks dan segar untuk melanjutkan aktivitas.

Waiting Trigger

Siapa yang tidak gelisah ketika disuruh menunggu hingga berjam-jam? Menunggu cenderung meningkatkan level stress seseorang. Namun hal itu bisa diakali dengan waiting trigger ini. Setiap kali perasaan gelisah muncul, ucapkan sesuatu yang positif yang membuatmu bisa mengalahkan perasaan gelisah tersebut. Kata-kata ini pasti berbeda untuk tiap orang. Bagi saya kata-kata ini adalah “Have fun, play duolingo”. Kebetulan saya sekarang sedang belajar bahasa Itali melalui aplikasi gratis Duolingo. Dan bermain duolingo bisa dimana saja. Saya juga tidak merasa bersalah karena membuang waktu untuk bermain.